Posting blog ini ditulis untuk Business Link oleh Village Wellth. Village Wellth adalah platform digital yang mendukung pembeli bisnis kecil di seluruh Kanada. Mereka memandu pembeli langkah demi langkah melalui proses pembelian bisnis. Berikut adalah 5 tips yang mereka rekomendasikan untuk dilakukan setiap penjual saat bersiap untuk menjual bisnis mereka. Mengambil langkah-langkah ini akan membuat bisnis Anda lebih diminati pembeli dan membantu menjaga bisnis Anda tetap sehat, bertahun-tahun setelah penjualannya.

Apakah Anda seorang pemilik bisnis yang berpikir untuk menjual bisnis Anda? Mempersiapkan penjualan bisnis Anda adalah lompatan yang luar biasa dan tidak semudah yang Anda bayangkan.

Ketika pemilik rumah mendaftar sebuah rumah, biasanya ada pembeli yang bersemangat di tikungan. Pembeli itu sering siap untuk membuat penawaran apakah rumah itu turnkey atau tidak. Saat membeli bisnis, semuanya sedikit berbeda; pembeli perlu menyelidiki setiap detail dari gambaran perusahaan yang lebih besar. Sebagai pemilik bisnis, ada hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum menjual.

1. Siapkan Keuangan dan Dokumen Anda

Sebelum menjual bisnis Anda, tinjau riwayat keuangan perusahaan Anda. Apakah Anda memiliki keuangan yang disiapkan akuntan yang mendokumentasikan pendapatan dan arus kas perusahaan Anda? Laporan keuangan mencakup, namun tidak terbatas pada, neraca dan laporan laba rugi.

Tidak memiliki bukti riwayat keuangan perusahaan adalah tanda bahaya utama bagi pembeli bisnis. Rata-rata bank di Kanada meminta 2-3 tahun laporan keuangan perusahaan untuk memberikan pinjaman kepada pembeli yang berminat. Pembeli sebenarnya ingin melihat keuangan yang tanggal kembali 3-5 tahun. Ini untuk mengesampingkan risiko membeli perusahaan dengan profitabilitas dan skalabilitas yang buruk. Laporan keuangan memberikan informasi penting untuk menentukan kekuatan fondasi perusahaan untuk masa depannya. Keuangan juga membantu menentukan nilai jual suatu perusahaan.

Baca Juga:  Keuntungan dari Bisnis Berbasis Rumah

Jika bisnis Anda belum memiliki ruang data, saatnya untuk membangunnya. Ruang data fisik dan digital adalah lokasi aman yang digunakan untuk menyimpan dan berbagi file rahasia dan informasi bisnis. Penasihat menggunakan ruang data selama fase uji tuntas akuisisi. Mereka berguna saat berbagi tender, melakukan transaksi hukum, dan melakukan audit. Memiliki ruang data akan membantu mempercepat proses akuisisi. Ini juga akan menarik pembeli untuk memilih perusahaan Anda daripada perusahaan yang tidak siap. Baca lebih lanjut tentang ruang data di sini!

Ketika pembeli mengetahui bahwa bisnis tertentu cocok untuk mereka, mereka ingin menyelesaikan transaksi dan menyelesaikannya dengan cepat. Sebagai pemilik bisnis, penting untuk menempatkan diri Anda pada posisi pembeli. Dengan melakukan pekerjaan, Anda menghilangkan perangkap utama. Batu sandungan yang mencegah pembeli bergerak untuk membeli bisnis Anda.

2. Pikirkan Tentang Konsentrasi Pelanggan

Pembeli ingin melihat distribusi penjualan yang baik antara pelanggan perusahaan. Ketika sebuah perusahaan bergantung pada beberapa klien utama, ini adalah risiko bagi pembeli, terutama jika klien tersebut tidak dipertahankan setelah penjualan. Jika ada pelanggan tunggal yang menyumbang 10% atau lebih dari pendapatan Anda, perusahaan Anda memiliki konsentrasi pelanggan yang tinggi. Jika ini menjadi perhatian, fokuslah pada menipiskan basis pelanggan Anda dengan mendapatkan kontrak klien baru. Ini akan mengurangi risiko perusahaan Anda di mata pembeli yang bersemangat yang ingin mengembangkan bisnis dari waktu ke waktu. Mereka akan merasa percaya diri mengetahui bahwa perusahaan memiliki basis klien yang berkelanjutan.

Baca Juga:  Inilah Teknik Pemasaran Online yang Terbukti Ampuh

3. Kenali Ketergantungan Pemilik

Mari kita hadapi itu. Sebagian besar pemilik usaha kecil mengotori tangan mereka setiap hari agar bisnis mereka tetap berjalan. Merupakan kemewahan bagi pemilik bisnis untuk merasa cukup aman untuk pergi. Ada nilai dalam mengetahui bahwa staf dan operasi Anda dapat menjalankan segala sesuatunya dengan lancar tanpa kehadiran Anda.

Saat bersiap-siap untuk menjual bisnis Anda, ada baiknya untuk menyadari betapa bergantungnya perusahaan pada Anda. Bisakah Anda mengambil liburan selama lebih dari beberapa minggu atau hari pada suatu waktu? Apakah operasi perusahaan bergantung pada semua informasi yang Anda simpan di kepala Anda?

Merupakan risiko bagi pembeli untuk melihat bahwa terlalu banyak kesuksesan perusahaan berada di tangan Anda, pemiliknya. Pertanyaan di benak pembeli adalah: jika saya membeli perusahaan ini, apakah perusahaan ini akan terus bekerja tanpa Anda?

4. Mendidik Diri Anda tentang Penilaian

Pikirkan tentang nilai dolar bisnis Anda. Jangan biarkan insting pertama Anda atau harga jual yang diinginkan mengaburkan perspektif Anda tentang nilai bisnis Anda yang sebenarnya.

Salah satu alasan utama mengapa bisnis tidak menjual adalah harapan pembeli dan penjual yang tidak realistis. Menurut Livebet BDC, “umum bagi pemilik bisnis untuk memikirkan nilai yang berbeda dari pembeli potensial yang dapat menyebabkan perselisihan, menggagalkan negosiasi, atau memengaruhi rencana pasca-transisi.”

Ketika pembeli mengetahui bahwa bisnis tertentu cocok untuk mereka, mereka ingin menyelesaikan transaksi dan menyelesaikannya dengan cepat. Sebagai pemilik bisnis, penting untuk menempatkan diri Anda pada posisi pembeli. Dengan melakukan pekerjaan, Anda menghilangkan perangkap utama. Batu sandungan yang mencegah pembeli bergerak untuk membeli bisnis Anda.

Baca Juga:  Panduan Memulai Bisnis Rumahan

Sebelum Anda menjual, mendidik diri sendiri pada penilaian bisnis. Pekerjakan penilai bisnis yang dapat membantu menentukan nilai objektif bisnis Anda. Pendapat profesional mereka akan membantu menetapkan harapan yang realistis. Mereka akan menyampaikan pengetahuan sehingga Anda dapat menilai penawaran yang adil dan masuk akal. Penilaian akan membantu “mengidentifikasi kelemahan di perusahaan Anda, menemukan cara untuk meningkatkan nilainya dan mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan kewajiban pajak Anda sebelum penjualan.”

Jika Anda tidak puas dengan penilaian Anda saat ini, Anda dapat mempelajari cara meningkatkan nilai dari waktu ke waktu. Berikut petunjuknya meningkatkan nilai bukan hanya tentang meningkatkan pendapatan.

5. Membayangkan Masa Depan

Pembeli berinvestasi di perusahaan dengan masa depan cerah. Daya tarik membeli bisnis yang sudah ada sebelumnya daripada memulai bisnis adalah keamanan bahwa perusahaan itu didirikan. Pembeli mencari bisnis yang sukses yang akan terus meningkat. Pembeli menginginkan bisnis yang menunjukkan berbagai peluang pertumbuhan. Mereka juga melihat ke industri dengan janji pertumbuhan yang sama.

Apakah Anda sudah mencapai tujuan bisnis Anda? Jika tidak, tidak apa-apa, bagaimana Anda bisa menunjukkan kepada pembeli bahwa tujuan mereka dapat dicapai melalui akuisisi bisnis Anda?

Kembangkan rencana strategis untuk perusahaan Anda. Dengan pemikiran masa depan, Anda membantu pembeli memvisualisasikan jalan mereka untuk mengambil alih bisnis Anda. Ini memberi mereka pendorong yang kuat mengapa mereka harus berinvestasi di perusahaan Anda dan membeli bisnis Anda. Lihat artikel ini untuk strategi berpikir masa depan yang berguna.

RELATED ARTICLES

Panduan Memulai Bisnis Rumahan

Panduan Memulai Bisnis Rumahan

Daya tarik bisnis berbasis rumah Internet sangat kuat bagi siapa saja. Anda adalah bos Anda sendiri dan Anda menghilangkan kebutuhan untuk perjalanan sehari-hari. Tapi mungkin ketertarikan yang paling kuat bisa…

5 Ide Bisnis Rumahan Populer

5 Ide Bisnis Rumahan Populer

Sejak menerima pembayaran tunjangan anak dan pembayaran tunjangan anak selama lebih dari dua puluh tahun, bukan rahasia lagi bagaimana dukungan itu telah membantu memenuhi kesejahteraan anak saya. Untungnya saya dapat…

Tips Memulai Bisnis Berbasis Rumah

Tips Memulai Bisnis Berbasis Rumah

Daripada memikirkan ketakutan Anda untuk memulai, mari fokus pada sesuatu yang lebih menarik seperti; peluang bisnis rumahan gratis, dan iklan gratis. Pemikiran baru ini akan sangat meningkatkan kepercayaan diri Anda…