Memilih harga yang tepat untuk produk atau layanan Anda adalah bagian penting dalam memulai bisnis Anda. Jika Anda menilai produk atau layanan Anda terlalu tinggi, Anda berisiko tidak menjual cukup untuk menghasilkan pendapatan optimal Anda. Di sisi lain, jika Anda menagih terlalu sedikit, Anda harus menjual jumlah yang lebih besar untuk memaksimalkan pendapatan Anda, yang mungkin sulit dicapai. Saat Anda menetapkan harga, ingatlah bahwa harga tersebut harus menutupi biaya Anda, sambil tetap menghasilkan keuntungan.

1. Penetapan Harga Berbasis Biaya

Penetapan harga berbasis biaya memastikan bahwa Anda menutupi semua biaya dan overhead Anda sambil menghasilkan keuntungan.

Harga = (Biaya Bahan + Biaya Tenaga + Overhead) + Keuntungan Yang Diinginkan

Misalnya, jika bahan Anda berharga $10, biaya tenaga kerja Anda $5, biaya overhead Anda $5, dan Anda menginginkan keuntungan 20%, Anda akan menagih pelanggan Anda $24.

2. Penetapan Harga Markup

Penetapan harga markup melibatkan penambahan jumlah yang telah ditentukan ke biaya Anda untuk memutuskan berapa banyak yang akan dibebankan.

Misalnya, jika Anda ingin memiliki markup $5 dan biayanya $10, Anda akan mengenakan biaya $15.

Anda dapat mengetahui persentase markup Anda dengan membagi markup Anda dengan biaya Anda. Dalam kasus ini, persentase markup Anda adalah 50%. Anda juga dapat menghitung margin keuntungan dengan membagi markup dengan harga Anda. Dalam kasus ini, margin keuntungan Anda adalah 33%.

Baca Juga:  7 Hal yang Harus Dimasukkan ke dalam Rencana Bisnis Anda

3. Harga Permintaan

Harga permintaan didasarkan pada volume dan keuntungan. Anda akan mengenakan tarif yang berbeda tergantung pada pasar. Misalnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk menjual ke grosir dengan harga lebih murah karena mereka biasanya akan membeli lebih banyak dalam satu waktu. Menggunakan harga permintaan membutuhkan waktu untuk membiasakan diri karena Anda harus menentukan apa yang akan dikenakan biaya untuk menghasilkan rasio volume dan laba yang optimal.

4. Penetapan Harga yang Kompetitif

Penetapan harga kompetitif biasanya digunakan jika ada harga pasar yang ditetapkan. Dalam strategi ini, Anda akan mengenakan biaya yang sama dengan pesaing Anda. Penetapan harga kompetitif umumnya digunakan untuk item komoditas – hal-hal yang sulit dibedakan satu sama lain. Mereka termasuk hal-hal seperti gandum, biji kopi, dan coklat.

RELATED ARTICLES