Asuransi mobil menjadi sebuah pilihan bagi pemilik mobil, karena adanya jaminan kerugian akibat kerusakan mobil. Terdapat dua jenis asuransi mobil, yaitu all risk dan TLO (Total Lost Only). Asuransi mobil all risk lebih banyak dipilih karena memberikan jaminan yang menyeluruh terhadap semua resiko kendaraan. Namun, premi untuk asuransi jenis ini jauh lebih banyak dibandingkan TLO, sehingga anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilihnya.

Pertimbangan Ketika Memilih Asuransi Mobil All Risk

1. Sesuaikan dengan Anggaran yang Dimiliki

Biaya premi asuransi mobil all risk memang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan TLO. Hal ini dikarenakan perlindungan yang diberikan tidak hanya ketika mobil mengalami kerusakan yang total saja. Melainkan anda juga bisa melakukan klaim ketika mobil mengalami kerusakan yang tidak parah. Maka dari itu, anda harus menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Jika memang kondisi keuangan anda mencukupi, maka anda bisa memilih asuransi mobil All risk.

Jika premi yang dibayar terlalu mahal, sedangkan kebutuhan anda cukup banyak sehingga kesusahan membayar biaya premi maka sebaiknya urungkan. Kesalahan dalam hal ini bisa menyebabkan anda kesulitan membayar premi. Mengingat resiko kerusakan mobil juga belum pasti terjadi, sehingga lebih baik memilih premi yang lebih terjangkau.

2. Melihat Kondisi Tempat Tinggal

Sebaiknya sebelum memilih jenis asuransi mobil, sebaiknya anda mempertimbangkan kondisi lingkungan sekitar rumah anda serta perjalanan ke tempat yang biasa dituju seperti kantor. Jika kondisi jalanan di sekitar anda tidak terlalu ramai dan tidak rawan kecelakan, maka sebaiknya anda memilih asuransi TLO. Namun jika jalanan di sekitar cukup padat dan rawan terjadinya goresan mobil, maka akan lebih baik jika memilih asuransi mobil all risk.

Asuransi mobil all risk juga sangat tepat jika anda seringkali bepergian jauh menggunakan mobil tersebut. Anda juga perlu mempertimbangkan apakah kondisi daerah anda rawan terhadap bencana banjir, sehingga membuat mobil anda mudah rusak. Maka anda harus menanyakan tentang perlinduang asuransi mobil tersebut apakah meliputi resiko ketika terkena banjir.

3. Memilih Produk yang Terbaik

Sebelum mendaftar asuransi, alangkah baiknya untuk mengumpulkan informasi terlebih dahulu mengenai produk asuransi yang dibutuhkan. Selanjutnya lakukan perbandingan antara produk yang satu dengan yang lain meliputi kelebihan dan kekurangnya masing masing. Sebaiknya anda pertimbangkan produk yang paling sesuai dan menguntungkan bagi anda.

Beberapa pertimbangan dalam memilih asuransi mobil all risk adalah klaim asuransi dan jariangan bengkel yang merupakan rekaan dari perusahaan asuransi tersebut. Sebaiknya, pilihlah produk asuransi dengan proses klaim yang lebih mudah meskipun terdapat selisih harga. Selain itu, semakin banyak jaringan bengkel yang tersedia, maka akan semakin memudahkan anda untuk melakukan perbaikan mobil.

4. Memastikan Reputasi Perusahaan Asuransi

Hal yang tidak kalah penting adalah reputasi dari perusahaan asuransi tersebut. Jangan sampai anda salah memilih asuransi yang bisa berakibat pada kesulitan saat melakukan klaim asuransi tersebut. Anda bisa memastikan bahwa perusahaan asuransi yang dipilih sudah tepat, dengan melihat testimoni dari pelanggan yang sudah membeli produk di asuransi tersebut. Kepuasan pelangan mengindikasikan bahwa perusahaan asuransi tersebut memiliki reputasi yang baik.

Itulah beberapa pertimbangan ketika anda sedang memilih asuransi mobil all risk. Jangan sampai anda salah memilih asuransi dan berakibat pada kekecewaaan karena sulitnya proses klaim. Untuk mengantisipasi hal tersebut, anda juga bisa memilih opsi lain yaitu dengan menabung atau berinvestasi. Sehingga anda tidak perlu membayar premi dengan besaran tertentu. Di sisi lain, anda juga tidak dipersulit dengan pengurusan proses klaim asuransi.

RELATED ARTICLES

Apa Arti Nama Bisnis

Apa Arti Nama Bisnis

Memilih nama adalah langkah penting saat memulai bisnis Anda, nama yang tepat dapat mengembangkan bisnis Anda dengan cepat, tetapi nama yang salah dapat menyebabkan ketidakjelasan. Nama Anda harus mencerminkan bisnis Anda. Sebagian besar konsumen mungkin akan mendengar nama Anda sebelum mereka mengetahui apa pun tentang…

7 Hal yang Harus Dimasukkan ke dalam Rencana Bisnis Anda

7 Hal yang Harus Dimasukkan ke dalam Rencana Bisnis Anda

Ketika Anda pertama kali memulai bisnis, memiliki rencana sangat penting untuk kesuksesan Anda. Rencana bisnis adalah peta jalan masa depan bisnis Anda selama tiga hingga lima tahun ke depan. Agar efektif, ini perlu menjadi dokumen hidup. Kembalilah ke rutinitas untuk memantau kemajuan dan pertumbuhan Anda…

4 Strategi Penetapan Harga untuk Bisnis Kecil Anda

4 Strategi Penetapan Harga untuk Bisnis Kecil Anda

Memilih harga yang tepat untuk produk atau layanan Anda adalah bagian penting dalam memulai bisnis Anda. Jika Anda menilai produk atau layanan Anda terlalu tinggi, Anda berisiko tidak menjual cukup untuk menghasilkan pendapatan optimal Anda. Di sisi lain, jika Anda menagih terlalu sedikit, Anda harus…

4 Keuntungan dari Cloud untuk Bisnis Anda

4 Keuntungan dari Cloud untuk Bisnis Anda

Menggunakan cloud berarti menyimpan dan mengakses program komputer dan data perusahaan Anda melalui internet, bukan di hard drive komputer. Jika Anda sedang memutuskan apakah cloud tepat untuk bisnis Anda, lihat empat cara cloud dapat membantu bisnis kecil Anda. 1. Lindungi Bisnis Anda dari Kehilangan Data…