Ketika Anda pertama kali memulai bisnis, memiliki rencana sangat penting untuk kesuksesan Anda. Rencana bisnis adalah peta jalan masa depan bisnis Anda selama tiga hingga lima tahun ke depan. Agar efektif, ini perlu menjadi dokumen hidup. Kembalilah ke rutinitas untuk memantau kemajuan dan pertumbuhan Anda dan membuat penyesuaian yang diperlukan. Sertakan 7 hal berikut dalam rencana bisnis Anda.

1. Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif adalah tinjauan informasi paling penting yang dibahas dalam sisa rencana. Jika Anda mencoba menarik calon investor, gunakan ringkasan eksekutif untuk memberi tahu investor apa yang Anda inginkan dari mereka.

Artikel Terkait:

2. Deskripsi Industri & Bisnis

Mulailah mendeskripsikan dan menganalisis industri bisnis Anda. Jawab pertanyaan berikut:

  • Seperti apa industri ini sekarang?
  • Seperti apa industri ini yang Anda harapkan di masa depan?
  • Apakah ada perubahan mendatang pada industri Anda yang dapat membantu atau merugikan perusahaan Anda?

Kemudian, diskusikan visi dan sasaran perusahaan Anda, serta posisi Anda di industri.

3. Produk Atau Layanan

Diskusikan produk atau layanan apa yang Anda tawarkan kepada konsumen dan jelaskan apa yang membedakan Anda dari pesaing. Sertakan informasi tentang harga Anda, siklus hidup produk Anda, dan bagaimana Anda berencana untuk mengembangkan produk atau layanan Anda lebih jauh.

Baca Juga:  Panduan Memulai Bisnis Rumahan

4. Strategi Pemasaran

Bagian strategi pemasaran Anda adalah hasil dari riset pasar yang menyeluruh. Gunakan bagian ini untuk menentukan target pasar Anda secara detail dengan menanyakan pertanyaan seperti ini pada diri Anda

  • Siapa target pasar Anda?
  • Apa yang mereka lakukan?
  • Di mana Anda akan menemukannya?
  • Berapa banyak uang yang mereka hasilkan setahun?
  • Apa yang membuat mereka memutuskan untuk membeli?

Dengan mengetahui sebanyak mungkin tentang target pasar Anda, Anda akan dapat mengembangkan strategi untuk menarik mereka ke perusahaan Anda.

5. Analisis Kompetitif

Tentukan kekuatan dan kelemahan pesaing Anda. Diskusikan strategi yang akan memberi Anda keuntungan tersendiri atas pesaing Anda. Kembangkan hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah pesaing mengambil bagian dari pangsa pasar Anda dan bagaimana Anda berencana untuk menarik beberapa pelanggan mereka.

Highlight:

6. Operasi & Rencana Manajemen

Soroti logistik dalam menjalankan perusahaan Anda, termasuk berbagai tanggung jawab tim manajemen Anda dan tugas yang diberikan ke setiap divisi dalam perusahaan Anda. Jelaskan bagaimana Anda akan memutuskan waktu untuk mempekerjakan pekerja baru dan bagaimana Anda akan menetapkan kembali tanggung jawab saat perusahaan Anda berkembang.

Baca Juga:  Tips Memulai Bisnis Berbasis Rumah

7. Faktor Keuangan

Bagian terakhir dari rencana bisnis Anda mungkin merupakan bagian terpenting bagi investor. Anda sebaiknya memasukkan proyeksi keuangan, laporan laba rugi, laporan arus kas, neraca, dan rasio lainnya, seperti rasio hutang-ekuitas dan analisis titik impas. Bagian ini juga akan membantu Anda memastikan bahwa Anda memenuhi tujuan keuangan dan terus mengembangkan perusahaan Anda.

RELATED ARTICLES

Panduan Memulai Bisnis Rumahan

Panduan Memulai Bisnis Rumahan

Daya tarik bisnis berbasis rumah Internet sangat kuat bagi siapa saja. Anda adalah bos Anda sendiri dan Anda menghilangkan kebutuhan untuk perjalanan sehari-hari. Tapi mungkin ketertarikan yang paling kuat bisa…

5 Ide Bisnis Rumahan Populer

5 Ide Bisnis Rumahan Populer

Sejak menerima pembayaran tunjangan anak dan pembayaran tunjangan anak selama lebih dari dua puluh tahun, bukan rahasia lagi bagaimana dukungan itu telah membantu memenuhi kesejahteraan anak saya. Untungnya saya dapat…

Tips Memulai Bisnis Berbasis Rumah

Tips Memulai Bisnis Berbasis Rumah

Daripada memikirkan ketakutan Anda untuk memulai, mari fokus pada sesuatu yang lebih menarik seperti; peluang bisnis rumahan gratis, dan iklan gratis. Pemikiran baru ini akan sangat meningkatkan kepercayaan diri Anda…