Kepulauan Maluku, dikenal sebagai ‘Kepulauan Rempah’, tidak hanya kaya akan sejarah dan keindahan alam, tetapi juga budaya kuliner yang memukau. Makanan khas Maluku adalah perpaduan unik dari rasa, aroma, dan tradisi yang menggugah selera. Artikel ini akan membahas beberapa makanan paling populer dan terenak dari Maluku.

1. Papeda

Papeda adalah Makanan Khas Maluku dan Papua. Terbuat dari sagu yang dimasak hingga berubah menjadi bubur kental, Papeda biasanya disajikan dengan ikan kuah kuning. Tekstur Papeda yang unik dan rasa ikan yang gurih menciptakan kombinasi sempurna.

2. Ikan Bakar Colo-colo

Ikan Bakar Colo-colo adalah hidangan ikan bakar yang dibumbui dengan sambal colo-colo, sambal khas Maluku yang terbuat dari cabai merah, tomat, dan bawang. Ikan yang segar dengan bumbu yang pedas menjadikan hidangan ini sangat digemari.

3. Ayam Woku

Ayam Woku adalah masakan ayam yang kaya rempah, dengan campuran daun kemangi, serai, jahe, dan cabai. Hidangan ini tidak hanya menawarkan kelezatan, tetapi juga aroma yang menggoda dan tampilan yang menarik.

4. Sate Gagak

Sate Gagak, yang terbuat dari daging cakalang atau tuna, adalah makanan khas Ambon. Daging yang telah dibumbui dan dimasak dengan sempurna ini disajikan dengan saus yang kaya rasa, memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

5. Kue Bagea

Kue Bagea, kue kering yang terbuat dari sagu, adalah camilan manis khas Maluku. Dengan tekstur yang renyah dan rasa manis yang tidak berlebihan, Kue Bagea adalah teman minum teh yang sempurna.

Baca Juga:  7 Makanan Khas Bali Paling Populer dan Wajib Kamu Coba

6. Nasi Jaha

Nasi Jaha adalah nasi yang dimasak dengan santan, jahe, dan rempah lainnya, memberikan aroma dan rasa yang unik. Biasanya disajikan dalam perayaan khusus, Nasi Jaha adalah hidangan yang mewakili kekayaan kuliner Maluku.

Penutup

Makanan khas Maluku menawarkan keunikan yang tidak hanya lezat tetapi juga mengandung nilai sejarah dan budaya yang dalam. Setiap hidangan adalah cerminan dari kekayaan alam dan keragaman budaya di Maluku. Mencicipi Makanan Papua bukan hanya tentang menikmati rasa, tetapi juga merasakan bagian dari sejarah dan tradisi yang hidup dalam setiap suapan.

RELATED ARTICLES